Jika kita sedang memerlukan pinjaman uang, tapi sedang tidak ingin membuat harta benda sebagai jaminan, maka kita bisa melakukan pinjaman tanpa jaminan. Banyak bank atau lembaga keuangan yang memberikan pinjaman cepat cair tanpa jaminan. Hal tersebut menjadi solusi praktis bagi kita yang sedang sangat membutuhkan dana tersebut, baik untuk dijadikan modal wirausaha, dll.

Melakukan pinjaman tanpa jaminan ini sering dipakai oleh banyak masyarakat karena sangat menguntungkan. Menguntungkan ini dalam artian tidak memberatkan tanggungan bagi peminjam dana. Nah, berikut ini dipaparkan beberapa keunggulan apabila kita melakukan pinjaman tanpa jaminan. 

Pertama, tidak ada barang terjamin dan praktis

Tidak adanya agunan atau jaminan aset seperti sertifikat rumah, BPKB kendaraan bermotor, atau perhiasan mewah yang diwajibkan kepada calon peminjam dana. Biasanya bank memberikan penawaran ini untuk menanam kepercayaan kepada calon peminjam dana untuk lebih leluasa dan lebih mudah saat mengelola dana pinjaman. Hal ini tentu akan memudahkan kita untuk mengajukan pinjaman atau kerjasama lainnya dengan pihak bank atau lembaga keuangan di lain waktu.

Sedangkan, pihak bank atau lembaga keuangan juga menggunakan momentum ini sebagai strategi promosi untuk menarik calon debitur dari kalangan kelas menengah ke bawah yang umumnya bergaji di bawah 3 juta dengan lifestyle yang cukup tinggi. 

Kedua, penggunaan pinjaman yang fleksibel

Fleksibilitas dalam menggunakan pinjaman ini adalah hal terpenting yang dilakukan oleh bank untuk memberikan penawaran kredit tanpa agunan kepada debiturnya. Kita dapat menggunakan dana pinjaman untuk keperluan apapun secara bebas, bergantung kepada kita tujuannya untuk apa. Apabila kita telah mendapatkan pinjaman tersebut, sebaiknya kita menggunakan pinjaman tersebut secara benar dan dialokasikan kepada kebutuhan tertentu yang sangat urgent, atau minimal dapat menguntungkan dari segi penghasilan.

Ketiga, proses pencairan dana yang cepat

Bagian terpenting yang kita butuhkan saat membutuhkan pinjaman dana adalah pencairan dana yang tergolong cepat atau bahkan secepat-cepatnya. Sejumlah bank atau lembaga keuangan melakukan proses pencairan dana 1-3 hari bahkan seminggu. Tindak ini sangat membantu bagi orang-orang yang memerlukan dana dengan jumlah besar dan mendadak. Seperti biaya pengobatan, renovasi rumah, biaya pernikahan, dll.

Keempat, kemudahan dan ketersediaan akses layanan pinjaman

Berbeda dengan pinjaman konvensional yang mewajibkan aset jaminan, melakukan survey, dll, pinjaman tanpa jaminan ini memudahkan kita untuk mendapatkan dana pinjaman yang kita mau. Hanya dengan mengisi formulit pinjaman yang bisa diisi kapan saja dan dimana saja melalui gadget kesayangan kita yang terkoneksi internet, maka proses pengajuan pinjaman dapat berlangsung cepat.

Kita juga merasa semakin dimudahkan dengan kehadiran internet sehingga kita bisa dengan mudah memprediksi dulu berapa nominal, masa tenor dan bunga yang kita ambil. Untuk mengetahui prediksinya tersebut, kita bisa cek di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Jadi kita semakin merasa diuntungkan saat melakukan pinjaman dana kepada pihak bank atau lembaga keuangan.