Senang sekali rasanya saat memperoleh gaji pertama. Pengalaman bekerja yang pertama memang selalu istimewa. Apalagi rencananya kartu pra kerja akan segera diwujudkan untuk meminimalkan jumlah pengangguran. Para fresh graduate pun memiliki kesempatan lebih besar untuk memperoleh pekerjaan setelah lulus sekolah atau kuliah.

Setelah mendapatkan gaji pertama, Anda harus mengelolanya secara efektif agar tidak cepat habis. Lakukanlah beberapa cara berikut ini agar Anda terbiasa mengelola gaji secara tepat:

Segera Menyisihkan Gaji untuk Kebutuhan Utama

Hal pertama yang wajib Anda lakukan saat menerima gaji pertama adalah menyisihkannya untuk kebutuhan hidup. Segera sisihkan gaji untuk kebutuhan pribadi atau kebutuhan keluarga. Anda harus menyiapkan daftar kebutuhan secara rinci dan menghitung persentase gaji yang dibutuhkan. Dengan demikian, gaji Anda tak akan habis begitu saja sebelum kebutuhan utama terpenuhi.

Membayar Utang. Tagihan, dan Kewajiban Lainnya

Setelah menyisihkan gaji untuk kebutuhan hidup, selanjutnya Anda mesti menyiapkan uang untuk membayar utang, tagihan, atau kewajiban lainnya. Terutama bila Anda masih memiliki utang dengan bunga yang besar. Jangan sampai ada utang dan tagihan yang menumpuk berbulan-bulan dan sulit dilunasi. Anda patut berupaya melunasi seluruh utang dan tagihan supaya tidak menjadi beban finansial di masa depan.

Jangan Lupa Mengisi Pundi-Pundi Tabungan

Jika kebutuhan utama dan kewajiban lainnya sudah terpenuhi, selanjutnya Anda wajib mengisi pundi-pundi tabungan dengan menyisihkan gaji. Jangan menganggap remeh tabungan meskipun Anda sedang tidak terlalu membutuhkannya. Sebaiknya Anda menyisihkan tabungan dengan jumlah yang sama setiap bulan. Bahkan, Anda bisa menaikkan jumlahnya ketika Anda mulai naik gaji. Tabungan yang Anda miliki dapat digunakan untuk kebutuhan tak terduga dan berbagai hal mendesak lainnya.

Baca Juga: 5 Film Rekomendasi yang Harus Kamu Tonton di Tahun 2019

Investasi Tak Boleh Luput dari Perhatian Anda

Tak ada kata terlalu dini untuk mulai berinvestasi. Justru Anda harus segera memulainya agar dapat memperoleh keuntungan maksimal. Selain tabungan, Anda juga patut menyisihkan gaji secara rutin untuk investasi. Mulailah dengan investasi yang modalnya kecil, misalnya emas, reksadana, dan deposito. Kalau nanti Anda sudah memiliki dana berlebih, Anda bisa melirik investasi properti atau saham yang keuntungannya lebih besar. Namun, Anda harus menguasai seluk-beluk investasi sebelum memutuskan untuk menanamkan modal.

Kalau Anda cermat mengelola uang sejak memperoleh gaji pertama, niscaya Anda akan terbiasa untuk hidup hemat setiap saat. Karena gaji selalu cukup untuk biaya hidup tetapi tak pernah cukup untuk memenuhi gaya hidup. Segera kunjungi laman https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/ untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kartu pra kerja dari Joko Widodo.