Bulan Ramadhan memang sering kali dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari berdagangan takjil dan aneka menu berbuka puasa lainnya. banyaknya masyarakat yang mencari menu berbuka puasa di rumah membuat para pedagang takjil mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan jika mereka berjualan selain di bulan Ramadhan. Tentu saja keuntungan yang mereka dapat bisa dijadikan sebagai uang tambahan ketika lebaran nanti, seperti budget untuk mudik, membeli kue kering, bahan masakan, hingga baju baru untuk digunakan saat sholat Ied.

Tetapi sayangnya, membuka usaha tidaklah selalu mudah seperti yang kita kira. Sering kali modal dijadikan sebagai salah satu kendala mengapa orang masih ragu dalam membuka usaha. Jelas saja, tanpa modal, bisnis tidak akan bisa berjalan. Dari mana kita bisa membeli bahan-bahan yang dibutuhkan, bila uang saja tidak punya. Nah, bagi kamu yang ingin turut berkontribusi dalam memanfaatkan bulan Ramadhan untuk berdagang takjil namun terkendala oleh modal, yuk coba kita simak tips-tips cara mendapatkan modal usaha berikut ini. Siapa tahu bisa dijadikan sebagai salah satu solusi.

Tips Mendapatkan Modal Usaha

 1. Tabungan

Bagi kamu yang senang menabung dan memiliki tabungan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkannya sebagai modal usaha. Jika bisnis yang kamu jalani berhasil, tentu tabungan mu bisa saja bertambah berkali-kali lipat, apalagi bila kamu memulainya di bulan Ramadhan ini, yang notabene permintaan akan menu berbuka puasa meningkatkan di kalangan masyarakat. Bisa saja penghasilan yang kamu dapat akan jauh lebih besar dibandingkan jika kamu berjualan di hari biasa.

2. Menjual Aset

Walaupun berjualan takjil mungkin tidak akan memerlukan modal yang besar, namun jika kamu menginginkan bisnis yang berkelanjutan dan bukan hanya di bulan Ramadhan saja, kamu bisa mendapatkan modal yang lebih besar lagi dari berjualan aset. Jangan menjual barang hanya kamu miliki satu-satunya, tetapi menjual barang yang kamu miliki sebagai aset atau investasi, seperti motor, mobil, tanah ataupun bila kamu memiliki rumah lebih dari satu. Jika ditekuni, tidak menutup kemungkinan aset mu akan kembali menjadi suatu yang lebih besar lagi dibandingkan sebelumnya.

3. Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Jika menurut mu menjual aset atau menggunakan tabungan cukup berisiko, kamu bisa mencari solusi lainnya, yaitu seperti mengajukan pinjaman modal usaha yang terdapat di bank ataupun melalui lembaga pinjaman online. Kamu bisa memilih kedua cara tersebut yang disesuaikan dengan kenyamanan dan kebutuhan. Walaupun mengajukan pinjaman di bank lebih terjamin dan terpercaya, hanya saja persyaratan yang mereka minta pun juga cenderung banyak dan ribet. Sedangkan saat ini sudah mulai banyak sekali lembaga-lembaga pinjaman online yang bermunculan dan siap mempermudah masyarakat yang membutuhkan dana darurat.

Namun, seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan lembaga pinjaman online membuat para oknum-oknum tak bertanggung jawab turut memanfaatkannya demi kepentingan pribadi dengan menciptakan lembaga pinjaman online abal. Nah, hal inilah yang perlu diwaspadai oleh masyarakat luas, agar tidak ada hal-hal negatif yang terjadi. Mencari tahu informasi beserta validitasnya terhadap suatu lembaga pinjaman online sebelum mulai mengajukan sangatlah penting. Walau begitu, tidak semua lembaga pinjaman online berjalan secara ilegal lho. Banyak juga lembaga pinjaman online yang bergerak secara legal bahkan berada di bawah kepengawasan otoritas yang berwenang, seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Selain itu, tak bisa dipungkiri pula bahwa mengajukan pinjaman online untuk modal usaha merupakan salah satu solusi paling tepat jika kamu ingin memulai bisnis namun terkendala modal. Jika bingung memilih lembaga online yang bisa dipercaya, kunjungi saja CekAja.com. CekAja.com merupakan salah satu portal yang menyediakan berbagai bentuk informasi dan layanan dalam menyelesaikan permasalahan finansial yang kamu hadapi, termasuk layanan pengajuan pinjaman online.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/small-business-banking/