Persyaratan yang Diperlukan Dalam Proses Pinjaman Dana Medan

Kondisi finansial yang terkadang tidak stabil sedangkan kebutuhan terus meningkat, membuat sejumlah masyarakat merasa kesulitan untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Cara akhir yang biasa ditempuh di tengah permasalahan tersebut ialah melakukan pinjaman. Kini, bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Medan, melakukan pengajuan pinjaman dana Medan kini bisa dilakukan secara online.

Pinjaman dana Medan secara online ini menjadi alternatif yang banyak diminati. Tujuannya adalah untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mendesak. Terlebih, kini ada produk pinjaman uang yang tidak memerlukan persyaratan yang mempersulit calon nasabah, yaitu produk finansial Kredit Tanpa Agunan (KTA).

KTA bisa menjadi solusi bagi seluruh lapisan masyarakat yang sedang membutuhkan dana mendesak. Calon nasabah tidak perlu memberikan jaminan apapun, baik itu kartu kredit dan jaminan lainnya sebagai persyaratan utama.

Pinjaman Online Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA adalah jenis pinjaman untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa menggunakannya untuk modal usaha kecil, menengah, hingga jenis usaha berskala besar. Selain itu, dana hasil pencairan bisa juga digunakan untuk merenovasi rumah, biaya pendidikan dan sebagainya.

KTA sendiri merupakan jenis produk yang kini ditawarkan oleh hampir setiap lembaga keuangan atau bank. Setiap calon debitur atau nasabah, bisa mendapatkannya, dengan catatan calon nasabah memenuhi persyaratan.

(Baca juga: Keuntungan Dana Tunai Cepat Online yang Wajib Anda Ketahui)

Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan

Siapa pun juga kini berpeluang besar untuk bisa mendapatkan produk tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai solusi saat membutuhkan dana yang mendesak. Cara mendapatkan KTA pun relatif mudah dan tanpa ribet. Karena itu, banyak sekali orang yang mengajukan untuk menggunakan fasilitas ini.

Meskipun mudah, namun Anda harus tetap mengetahui persyaratan dan mempersiapkan dokumen apa saja yang diperlukan agar prosesnya cepat disetujui. Di samping itu, pikirkan matang-matang sebelum Anda mengajukannya. Untuk hal ini, kami akan sedikit membantu Anda. Karena pada umumnya, sebelum mengajukan pinjaman Anda harus memiliki dua pertanyaan sebagai berikut:

 

  • Untuk apa uang pinjaman yang Anda ajukan?
  • Bagaimana cara Anda mencicil pinjaman tersebut hingga lunas dan tepat waktu pembayaran

 

Dari pertanyaan tersebut, sedikit banyaknya mungkin Anda sudah bisa menangkap maksud dan tujuan memikirkannya secara matang.

KTA adalah produk finansial yang bisa menjadi solusi bagi mereka yang sedang membutuhkan dana cepat dan mudah cair. KTA sendiri biasanya digunakan untuk tujuan konsumtif atau produktif, seperti modal usaha, merenovasi rumah, membeli produk elektronik, dan kebutuhan lainnya.

Kemudahan persyaratan yang tidak memerlukan jaminan, jangan sampai anda lupa bahwa mudah atau tidaknya, KTA tetaplah hutang. Jika Anda tidak bisa membayarnya tepat waktu, tentu akan mendapatkan konsekuensinya. Bahkan, terkait hal ini, gagal dalam pembayaran KTA bisa dibawa ke ranah hukum oleh pihak lembaga keuangan. Tapi, meski demikian Anda bisa memanfaatkannya sebagai solusi dengan mencermati pendapatan dan pengeluaran bulanan.

Cara Mengajukan Pinjaman KTA

Proses pengajuan KTA tidaklah sulit. Pertama-tama Anda harus memiliki bukti bahwa Anda adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Selain itu, Anda pun harus berusia minimal 21 tahun dan maksimum 55 tahun. Anda juga harus memiliki penghasilan tetap setiap bulannya, minimal Rp 2,5 juta per bulan. Akan tetapi, jumlah penghasilan bisa berbeda tergantung domisili di luar wilayah Jabodetabek.

Persiapkan juga berbagai dokumen persyaratan seperti:

  • Fotokopi KTP, KK, dan surat nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi NPWP
  • Tagihan bagi pengguna kartu kredit terakhir (bagi yang memilikinya)
  • Fotokopi izin praktik (untuk profesional)
  • Fotokopi laporan keuangan (untuk wiraswasta atau perusahaan)
  • 1 buah materai

Lengkapi semua persyaratan di atas sebelum Anda mengajukannya.

Tips Aman Mengajukan Pinjaman Secara Online

Banyaknya perusahaan fintech yang kini hadir memberi kita beragam pilihan. Namun, sebelum memilihnya, Anda harus tahu beberapa tips berikut ini agar lebih terjamin keamanannya.

 

 

  • Pilihlah Perusahaan Fintech yang Menawarkan Bunga Rendah

 

Bunga yang rendah akan memberi Anda banyak keuntungan. Maka dari itu, pilihlah perusahaan yang menawarkan suku bunga paling rendah. Untuk mengetahuinya, akseslah terlebih dahulu website fintech yang bersangkutan.

 

  • Mengingat Jumlah Uang yang Dipinjam

 

Ingatlah besaran uang yang Anda pinjam, dan berapa jumlah tagihan maupun cicilan yang harus Anda bayar setiap bulan. Jika Anda pelupa, catatlah semuanya melalui buku catatan khusus. Jika perlu, tuliskan juga pada lembar sticky note Anda.

 

  • Bayarlah Sebelum Jatuh Tempo

 

Jangan membiasakan diri untuk membayar pinjaman setelah jatuh masa tempo. Contohnya, jika jatuh tempo tanggal 2 Januari, maka selambat-lambatnya Anda membayar pinjaman online harus tepat di tanggal tersebut. Jika sudah lewat dari tanggal tersebut, katakanlah Anda membayarnya pada tanggal 3 Januari, maka Anda akan secara terus menerus ditagih dan dikenakan denda tambahan.

 

  • Mencatat Tanggal Jatuh Tempo

 

Biasanya, jatuh tempo diberlakukan ketika nasabah mulai menerima pencairan uang pinjaman tersebut. Setelah itu, catatlah tanggal jatuh tempo untuk mengingatkan Anda agar pembayaran tidak melewati tanggal tersebut.

ASURANSI INDONESIA TERBAIK

 

  • Pilihlah Aplikasi Pinjaman Online yang Resmi

 

Pinjaman online kini bisa dilakukan secara mobile melalui sebuah aplikasi. Namun, sebelum Anda mengunduhnya, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah mengunduh aplikasi yang asli. Pilih juga perusahaan yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Karena, perusahaan fintech yang telah terdaftar, tentu akan mengikuti tata cara dan prosedur yang berlaku.

Demikianlah persyaratan-persyaratan pengajuan pinjaman dana Medan dan untuk berbagai daerah lainnya. Jika Anda berminat mengajukan pinjaman, Anda bisa langsung mengunjungi situs Cekaja.com. Setelah itu, akseslah halaman https://www.cekaja.com/kredit untuk mengetahui informasi dan proses pengajuan secara online.