Dalam kondisi terdesak, nasabah kredit biasanya tidak peduli jenis Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang dipilihnya. Padahal setiap bank punya produk KTA yang berbeda satu sama lain. Salah satu bank yang produk KTA-nya sangat berbeda adalah Danamon. Lantas, apa saja perbedaan KTA Danamon dengan bank lainnya? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Jumlah Dana yang Bisa Dipinjam Sangat Besar

Dengan mengajukan KTA Danamon, nasabah bisa mendapat pinjaman dana tanpa menyerahkan jaminan sama sekali. Secara garis besar, KTA Danamon memang tampak serupa dengan KTA bank lainnya. Akan tetapi KTA Danamon memberikan penawaran yang benar-benar unik. Besar dana yang bisa diajukan nasabah mencapai 300 juta.

Di samping itu, suku bunga KTA Danamon sangatlah kompetitif. Di saat bank lain menawarkan pinjaman 100 juta untuk suku bunga tertentu, Danamon menawarkan tiga kali lipatnya. Padahal suku bunga yang ditawarkan sama.

2. Syarat Mengajukan KTA Danamon Mudah

Perbedaan KTA Danamon dengan bank lainnya juga menonjol dari segi syarat. Meski kredit limitnya sangat besar, syarat yang perlu dikumpulkan nasabah tidaklah ruwet.

Syarat utama pengajuan KTA Danamon adalah nasabah berkewarganegaraan Indonesia. Batas usia minimum pengajuan adalah 21 dan maksimalnya adalah 60 tahun. Jika nasabah bekerja di sebuah perusahaan, maka batas KTA-nya sesuai dengan batas pensiun perusahaan, yakni 55 tahun. Dari segi gaji, minimal nasabah punya pendapatan bruto sebesar 2 juta/bulan. Untuk karyawan, masa kerja minimum saat pengajuan adalah setahun, sedangkan profesional adalah dua tahun.

Terkait dengan syarat dokumen, nasabah tidak perlu menyerahkan kartu kreditnya. Cukup dengan menyediakan FC KTP, SK gaji, buku tabungan, dan NPWP.

3. Ada 3 Macam KTA Danamon

Umumnya, bank tidak melakukan klasifikasi jenis produk KTA-nya. Bila pun ada perbedaan, hal itu sekadar terletak di besar cicilan dan jangka tenor. Tidak seperti bank-bank tersebut, Danamon punya beberapa klasifikasi macam KTA. Lebih jelasnya sebagai berikut:

KTA Instan

KTA Instan adalah produk KTA Danamon yang paling dasar. Untuk KTA ini diperuntukkan nasabah yang membutuhkan kredit mulai 5 sampai 300 juta. Di KTA Instan, bunga yang ditetapkan ada tingkatannya. Untuk kredit 5 sampai 99 juta, bunganya 1,89%. Kredit 100 hingga 199 juta 1,79%. Sedangkan 200 hingga 300 juta besar bunganya 1,59%.

Untuk mendaftar KTA Instan, nasabah harus tidak sedang punya tanggungan kredit lainnya.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Bank Danamon

 

KTA Instan Reguler

KTA Instan Reguler diperuntukkan nasabah bank Danamon sendiri. Dalam KTA Instan Reguler, besaran dana disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Maka dari itu level kredit yang bisa diajukan adalah 100, 200, dan 300 juta.

KTA Instan Khusus

Berbeda dengan KTA Instan Reguler, KTA Instan Khusus bisa diajukan oleh non nasabah Danamon. Besar kredit yang bisa diajukan sama seperti yang reguler. Bedanya, debitur harus punya kredit lain yang pembiayaannya sudah terbukti lancar.

4. Proses Pengajuan KTA Tidak Memerlukan SKCK

Banyak bank di luar sana memberikan syarat yang ruwet untuk pengajuan KTA. Alasannya, KTA adalah kredit yang tidak ada jaminannya. Guna menjamin kepastian pembayaran, bank pada umumnya meminta SKCK dari kepolisian.

Berbeda dengan KTA Danamon. Nasabah tidak perlu memberikan SKCK pada bank untuk mengajukan KTA. Cukup dengan menyediakan dokumen umum seperti FC KTP, slip gaji, dan NPWP.

5. Proses Pencairan KTA Danamon Cepat

Pencairan KTA, terutama KTA dengan jumlah besar, seringkali lambat. Hal ini dikarenakan bank butuh waktu untuk memverifikasi nasabah. Mempertimbangkan apakah nasabah tersebut bisa dipercaya.

Berbeda dengan KTA Danamon. Proses pencairan KTA Danamon hanya membutuhkan waktu tujuh hari. Cocok untuk nasabah yang membutuhkan dana besar dalam waktu singkat.

6. Bunga Flat   

Selain limit kredit, keunikan KTA Danamon lainnya adalah bunga flat. Danamon menghitung bunga berdasarkan metode Annuity in Arrear. Sistem ini menjadikan bunga yang harus dibayarkan nasabah tetap setiap bulannya. Hal ini memberi kemudahan bagi nasabah membayar cicilan tiap bulan. Sehingga setiap bulannya, nasabah tidak perlu kebingungan menghitung lagi berapa cicilan yang harus dibayarkan.

7. Sistem Pembayaran Cicilan Yang Fleksibel

Biasanya, bank meminta proses pembayaran cicilan secara on site atau cash. Berbeda halnya dengan KTA Danamon. Untuk membayar cicilannya, nasabah dapat memilih beberapa alternatif sistem pembayaran. Nasabah bisa menggunakan transfer ATM Danamon, transfer via ATM Bersama atau bank lain, serta tentu saja internet banking. Di samping itu, nasabah yang tidak terbiasa membayar KTA dengan cara-cara tersebut tetap bisa membayar cicilan melalui teller.

8. Tidak Perlu Membayar Biaya Asuransi

Meski dikenal sebagai bank swasta, biaya KTA yang ditawarkan Danamon sangatlah murah. Setiap nasabah hanya perlu membayar biaya administrasi sebesar 350 ribu dan biaya provisi. Terkait dengan asuransinya, Danamon berbeda dengan bank-bank lainnya.

Biasanya, bank-bank lain mensyaratkan pembayaran asuransi sekaligus dalam biaya administrasi. Sementara itu, Danamon lebih dulu menawarkan pada nasabah apakah akan menggunakan asuransi atau tidak. Jika tidak, maka nasabah tidak perlu membayarkan biaya tambahan apa-apa.

Demikianlah perbedaan KTA Danamon dengan bank lainnya. Masih penasaran dengan informasi lain tentang KTA Danamon? Silakan klik https://www.cekaja.com/banks/danamon/pinjaman.