Di era perkembangan teknologi seperti saat ini, penggunaan dari portal pinjaman online pun juga memiliki peningkatan yang semakin pesat setiap tahunnya. Masyarakat mulai beramai-ramai beralih dari melakukan pinjaman ke bank menjadi melakukan peminjaman melalui portal pinjaman online. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran dari internet dan teknologi memberikan dampak kemudahan yang sangat besar bagi masyarakat di dunia.

Jika dulu kita selalu berkunjung ke bank jika ingin melakukan peminjaman dana, maka saat ini kita hanya perlu duduk manis di depan komputer atau membuka smartphone masing-masing jika tengah membutuhkan dana darurat. Memang era sudah berubah. Selain memiliki proses yang sangat cepat, peminjaman online juga tidak memiliki persyaratan yang rumit sehingga pengajuannya pun juga terbilang lebih mudah dibandingkan pengajuan di Bank.

Hanya saja, dengan semakin meningkatnya penggunaan internet, khususnya di Indonesia, membuat tidak sepenuhnya yang kita temukan di internet merupakan suatu hal yang kredibel atau dapat dipercaya. Hal inilah yang membuat kita, sebagai pengguna, harus lebih cerdas dan teliti dalam membaca maupun menemukan berbagai hal di internet.

Pinjaman online sering kali dijadikan sebagai kedok dalam melakukan penipuan melalui internet, dan sayangnya, banyak pula masyarakat yang pernah menjadi korban. Suku bunga yang semakin tinggi, di terror oleh debitur karena tidak sanggup membayar, data pribadi yang tersebar hingga terjebak di dalam bisnis ilegal yang tidak kita ketahu merupakan risiko-risiko yang mungkin saja terjadi jika kita melakukan pinjaman online dengan sembarang pihak.

Proses peminjaman online yang cepat jangan membuat kita menjadi terlena dan langsung percaya dengan seluruh portal pinjaman online yang ada, melainkannya diperlukannya riset mendalam sebelum memutuskan portal pinjaman online apa yang akan anda gunakan.

Hal-hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman Online

1. Apakah portal pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK?

Ini salah satu hal yang terpenting. Ketika sudah terdaftar di OJK, maka portal pinjaman tersebut akan berada di bawah kepengawasan OJK serta harus memenuhi peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan oleh OJK pula. Ketika portal pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK dan melakukan pelanggaran, seperti penipuan dan sebagainya, maka platform tersebut akan menerima konsekuensi yang setimpal. Inilah yang membuat portal pinjaman online yang telah terdaftar dan telah memiliki izin dari OJK jauh lebih aman dibandingkan yang tidak terdaftar di OJK sama sekali.

2. Kredibilitas Situs

Sebelum memutuskan untuk melakukan peminjaman di suatu portal pinjaman online, kredibilitas situs pun juga perlu diperhatikan. Apakah situs atau portal tersebut resmi, memiliki kantor pusat yang jelas dan apakah informasi yang diberikan melalui situs tersebut jelas atau justru mencurigakan. Selain itu, ketahui pula persyaratan pengajuan dan prosedurnya. Abaikan jika anda mengetahui portal pinjaman online tersebut melalui SMS, telfon, atau dari situs yang belum terjamin kredibilitasnya.

3. Perhatikan review dari customer sebelumnya

Ketika anda ingin membeli suatu barang melalui online, pasti anda akan membaca review dari pembeli sebelumnya terlebih dahulu mengenai apakah penjualnya terpercaya, apakah barang yang datang sesuai dengan gambar, dan sebagainya. Sama halnya ketika anda ingin melakukan peminjaman online. Carilah komentar-komentar dari para customer yang pernah meminjam dana melalui portal pinjaman online yang anda tuju. Ketika portal tersebut memiliki cukup banyak komentar positif dari para customer, anda boleh mulai mempertimbangkan untuk menggunakan portal pinjaman online tersebut. Namun, memiliki komentar positif saja tidaklah cukup. Anda juga perlu mencari tahu informasi mengenai portal tersebut selengkap-lengkapnya sebelum benar-benar memilih untuk menggunakannya. Jangan sampai anda terjebak atau mengalami hal-hal yang tidak sesuai harapan karena minim nya informasi yang anda miliki.

4. Jumlah suku bunga

Di setiap portal pinjaman online memiliki beban suku bunga yang berbeda-beda. Perlu diperhatikan bahwa setiap portal pinjaman online jangan sampai membebani suku bunga yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Setidaknya tetap dibatas kewajaran. Untuk lebih mudah menilai apakah suku bunga yang dibebani oleh suatu portal pinjaman online tersebut telah berada dibatas kewajaran, maka bandingkanlah dengan suku bunga yang terdapat di bank. Usahakan agar suku bunga tidak lebih dari 1%. Tetapi, terlalu rendah pun juga perlu diwaspadai.

Saat ini, sudah mulai banyak portal pinjaman online yang bermunculan dengan menawarkan proses cepat atau pencairan dana kilat. Perlu diketahui bahwa tidak semua portal pinjaman online itu dapat dipercaya. Banyak pula oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan maraknya pinjaman online untuk melakukan kriminalitas dan penipuan. Bukan berarti jika portal pinjaman online tersebut menawarkan proses cepat dan anda langsung mempercayainya. Tetap diperlukannya riset mendalam guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika anda bingung memilih portal pinjaman online terpercaya dengan proses pengajuan yang cepat, maka CekAja.com lah pilihan yang tepat. Bukan hanya proses yang cepat, di CekAja.com anda juga dapat melakukan peminjaman dengan bunga rendah dan pencairan dana yang cepat pula. Mau pinjaman dana online dengan proses yang cepat? Ya di CekAja.com aja!

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online