Setiap orang pasti pernah berhutang pada orang lain ataupun kepada bank. Hal ini wajar dilakukan ketika seseorang membutuhkan uang dalam jumlah banyak untuk suatu keperluan. Hal tersebut sama dengan yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Kali ini kami akan memberikan pengetahuan kepada Anda mengenai KTA yang diluncurkan oleh bank mandiri. Dari sini apakah Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan KTA? Jika masih belum mengetahui berikut penjelasannya!

KTA adalah kependekan dari Kredit Tanpa Agunan yang diberikan oleh bank Mandiri. dengan KTA Anda bisa melakukan peminjaman atau kredit secara online yang dikhususkan untuk individu. Namun tidak semua individu bisa memiliki KTA ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum memiliki KTA ini. Dengan KTA Anda bisa langsung meminjam uang dalam jumlah yang cukup banyak pada Bank Mandiri dan yang paling tepat tidak ada agunan sehingga Anda tidak perlu berfikir 2 kali untuk meminjam uang. Namun bagaimana cara menghitung bunga KTA Bank Mandiri? Simak dibawah ini!

Siapa Saja yang Bisa Mengajukan KTA Mandiri? Ini Jawabannya!

Sebenarnya siapa saja yang bisa mengajukan diri untuk mendapatkan KTA Mandiri ini? Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, seseorang bisa mendapatkan KTA ketika memiliki pekerjaan yang tetap seperti para pengusaha, wiraswasta, karyawan, dan para profesional yang lainnya. Kenapa harus orang yang memiliki pekerjaan? Karena dengan memiliki pekerjaan yang tetap pihak bank mandiri tidak ragu lagi untuk memberikan peminjaman kepada Anda, namun jika Anda tidak memiliki pekerjaan bisa dibayangkan bukan? Darimana Anda bisa mengembalikan uang yang sudah dipinjam? Jadi kami sarankan jika Anda ingin menikmati peluang tersebut milikilah usaha yang tetap terlebih dahulu.

Setelah memiliki ruang untuk bisa menikmati KTA Mandiri ini maka Anda bisa langsung menikmati layanan, dijamin tidak akan ribet! Banyak pula orang yang menggunakan layanan ini ketika berada dalam keadaan terdesak, tapi sebelumnya sangat lebih baik jika Anda berpikir matang-matang terlebih dahulu mengenai nominal pinjamannya dan waktu pengembaliannya. Ada beberapa hal yang perlu untuk dipelajari salah satunya adalah menghitung bunga KTA ini. Sudahkah Anda tahu caranya?

Bagaimana Cara Menghitung Bunga KTA?

Setelah memahami cara kerja dari KTA tidak ada salah nya jika kita bisa menghitung sendiri bunga dari KTA. Untuk mengetahui caranya berikut adalah cara tepat dalam menghitung bunga KTA, bagi Anda yang membutuhkan panduannya bisa mempelajari cara yang kami sajikan dibawah ini! Secara umum, perbankan bank mandiri Indonesia menggunakan dua jenis bunga kredt pada produk pinjaman KTA, diantaranya adalah:

  • Bunga bersifat flat

Biasanya bagi Anda yang sudah mendapatkan buku atau brosur dari KTA lihatlah pasti di suatu bagian terdapat table yang berisi jumlah pinjaman dan jangka waktu untuk membayar cicilan. Biasanya ada pembayaran cicilan yang setiap bulannya sama tetapi ada juga yang berbeda. Namun jika bunga yang diberikan bank sama itu adalah bunga bersifat flat. Jenis ini merupakan salah satu jenis yang paling mudah untuk dihitung. Sebagai contoh agar Anda tidak bingung adalah : ada seorang nasabah yang memiliki pinjaman KTA sejumlah 10 juta dengan suku bunga flat 15% pertahunnya. Jika tenor kredit nya sekitar 3 tahun maka bagaimana cara menghitungnya?

Jadi (Rp. 10.000.000 x 15% x 3) : 36 = Rp.125.000

Dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa jumlah angsuran yang bisa dibayar pada setiap bulannya adalah Rp. 402.777.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Perbedaan KTA Danamon Dengan Bank Lainnya

  • Bunga efektif

Yang kedua adalah jenis bunga yang bisa dihitung secara sederhana karena dihitung dari sisa pokok kredit. Arti dari bunga efektif adalah semakin Anda membauar dekat dengan jatuh tempo maka jumlah cicilan akan semakin kecil. Sehingga jumlah cicilan harus dibayar sesuai dengan pokok pinjaman yang tersisa. Dalam KTA jenis ini memang tidak terlalu dipakai tetapi tidak ada salahnya untuk diketahui. Nah, jika dengan soal yang sama seperti diatas namun cara menghitungnya diganti dengan jenis bunga efektif maka hasilnya adalah :

  • Bunga 1 bulan

10 juta x 20 % x (30 hari / 260 hari) = Rp. 166.666

Sehingga angsuran pada bulan pertama sebesar Rp. 277.777 + 166.666 = Rp. 444.444 (bunga bulan pertama )

  • Bunga bulan 2

9,5 juta x 20 % x (30 hari / 360 hari ) = Rp. 159.259

Sehingga bulan ke 2 Rp. 277.777 + Rp, 159.259 = Rp. 437.036

Itulah cara menghitung bunga KTA Mandiri yang dapat kami sampaikan kepada Anda pada kesempatan kali ini. Jika kurang jelas silahkan untuk mengunjungi alamat https://www.cekaja.com/banks/mandiri/pinjaman sekarang juga dan dapatkan pelayanan, konsultasi, dan hal lain yang Anda butuhkan mengenai KTA mandiri. semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di informasi menarik lainnya!