Membangun bisnis kuliner atau makanan memang tidak akan ada matinya. Terlebih, jika Anda memang menyukai atau pecinta makanan yang membuat gairah untuk membangun bisnis kuliner sangat tinggi. Namun, saat ini sudah banyak konsep dan ide unik untuk membangun usaha kuliner, mulai dari menjadi ahli gizi, koki pribadi, bisnis franchise, hingga bisnis food truck.

Nah, bagi Anda penikmat makanan dan biasa menyantap berbagai sajian atau malah Anda suka membuat hidangan serta menyicipi makanan yang Anda buat, membuka usaha makanan bisa jadi peluang yang sangat bagus untuk Anda. Tapi, jika Anda masih bingung dengan pilihan usaha makanan yang unik, berikut ada beberapa pilihan bisnis kuliner yang mungkin bisa Anda jalankan.

Berikut ini beberapa jenis bisnis yang bisa dimulai bagi Anda penyuka kuliner sejati:

1. Ahli gizi

Tidak hanya berhubungan dengan cita rasa dan penampilan, seseorang penyuka makanan juga biasanya kerap mempedulikan kandungan makanan serta porsi demi kesehatan. Terlebih, saat ini penyakit obesitas menjadi masalah serius di dunia.

Tidak selamanya yang berlebih itu baik, sehingga banyak orang yang ingin menurunkan berat badannya akibat kegemukan. Dengan begitu, jika Anda ingin membantu menyelesaikan masalah mereka, Anda bisa menjadi seorang ahli gizi. Untuk menjadi seorang ahli gizi, Anda juga tidak melulu harus berada di rumah sakit atau di fasilitas kesehatan. Karena anda bisa membuka kursus online untuk memberikan masukan-masukan bagi penderita obesitas.

Baca Juga: Jadi Ayam Goreng Tepung Paling Hits, Begini Cara Gabung Bisnis Franchise Sabana

2. Koki pribadi

Tak selalu membuka usaha sendiri, untuk bisa menyalurkan kesenangan Anda terhadap dunia kuliner, Anda juga bisa menjadi seorang koki pribadi di restoran, hotel, atau bahkan di rumah pribadi yang notabene sang pemilik rumah tak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Kesempatan baik itu mungkin bisa dijadikan peluang untuk Anda menyalurkan kemampuan memasak dan tentunya juga bisa mendapat gaji. Biasanya, keluarga yang membutuhkan jasa koki pribadi adalah orang-orang sibuk seperti pejabat, artis. Terlebih, mereka membutuhkan jasa tersebut untuk bisa mengatur pola makan dan kesehatan mereka.

3. Bisnis franchise

Memiliki konsep yang mudah dalam berbisnis, usaha franchise bisa dijadikan bisnis kuliner yang baik untuk pemula. Terlebih, strategi, pemasaran, merek dagang, hingga penyedia bahan-bahan akan disediakan oleh pemilik utama bisnis franchise.

Anda hanya cukup, membayar modal awal dan mencari lokasi yang bagus untuk membangun usaha. Anda juga tidak perlu repot-repot membangun citra merek dagang, karena biasanya bisnis franchise sudah dikenal masyarakat.

4. Food Truck

Ide dan konsep lainnya dalam membangun bisnis kuliner adalah bisnis food truck. Tidak hanya unik, bisnis food truck juga meminimalisir biaya untuk menyewa tempat semacam gedung atau ruko.

Hanya bermodal mobil yang Anda miliki dan memodifikasiya sedikit, Anda bisa berjualan di dalam mobil Anda. Anda juga bisa berpindah-pindah tempat untuk menuju lokasi yang tepat sasaran. Meski tidak semua jenis makanan bisa dijual melalui food truck, namun bisnis ini memiliki prospek yang cerah, bagi Anda pecinta makanan.

Untuk lebih mengetahui kiat-kiat sukses dalam berbisnis food truck, sebaiknya Anda mempelajari 4 hal ini agar bisnis food truck Anda bisa berjalan lancar dan pastinya menguntungkan. Anda bisa baca 4 hal tersebut terkait bisnis food truck, di link berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/sukses-bisnis-food-truck/