Kemacetan ibu kota memang selalu menjadi hal menyebalkan yang menghambat aktivitas. Apalagi bila Anda terpaksa melanggar lalu lintas hingga akhirnya kena tilang. Cek denda dan bayar tilang mobil kini memang mudah. Namun, Anda jadi harus meluangkan lebih banyak waktu dan merogoh kocek sebagai konsekuensi tilang tersebut.

Jangan kesal dulu menghadapi kemacetan yang semakin parah dari hari ke hari. Lakukan lima cara jitu ini untuk menghindari kemacetan parah di Jakarta:

Berangkat Lebih Awal dan Pulang Lebih Lambat

Jam-jam macet di pagi hari terjadi ketika pelajar dan para karyawan berangkat ke tempat tujuan. Kalau tak ingin terjebak macet di pagi hari, sebaiknya Anda berangkat lebih awal dari biasanya. Demikian pula halnya dengan malam hari. Anda patut pulang lebih lambat untuk menghindari jam macet. Kalau Anda berkesempatan pulang lebih awal dari jam bubar kantor, Anda juga bisa melakukannya agar terhindar dari macet.

Baca juga: Mau Pinjam Duit Online? Inilah Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan!

Mencari Alternatif Jalan Tikus

Jalan tikus adalah jalanan kecil yang biasanya ada di sekitar jalanan utama. Jalan kecil tersebut jarang diketahui orang sehingga tak banyak yang melintasinya. Kalau Anda punya waktu senggang, sebaiknya Anda menelusuri jalan tikus di sekitar rumah, kantor, atau sekolah Anda. Kemungkinan besar Anda akan menemukan rute perjalanan alternatif. Sehingga risiko terjebak macet dapat diminimalkan.

Mengandalkan Google Map

Google Map tak hanya berfungsi sebagai penunjuk arah saat menempuh perjalanan. Anda juga bisa memperoleh informasi kemacetan dari Google Map. Jalanan yang macet parah biasanya ditandai dengan warna merah. Tak ada salahnya bila Anda mencermati Google Map sebelum memulai perjalanan. Terutama bila Anda akan melintasi kawasan yang belum familiar bagi Anda.

Mengenali Momen-Momen Macet pada Waktu Tertentu

Setiap daerah biasanya memiliki momen macet yang berbeda-beda. Misalnya, daerah perkantoran cenderung macet pada hari Senin sampai Jumat. Sedangkan daerah di sekitar mall justru lebih macet pada akhir pekan. Kalau Anda sudah mengenali momen macet di kawasan yang sering Anda lewati, berarti Anda bisa menghindarinya dan memilih jalan alternatif.

Tinggal di Tempat yang Minim Macet

Semakin jauh jarak antara rumah dengan kantor atau sekolah Anda, maka semakin besar pula risiko macetnya. Anda bisa menyiasati hal tersebut dengan cara mengontrak rumah atau kost di sekitar kantor atau sekolah. Sehingga Anda tak perlu membuang banyak waktu untuk menghadapi jalanan yang macet.

Jangan sampai kemacetan Jakarta membuat Anda kapok beraktivitas. Carilah solusi terbaik agar waktu Anda tak terbuang percuma akibat macet.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui detil dan informasi lengkap mengenai cek denda dan bayar tilang yang sekarang semakin mudah, kamu dapat membaca artikel yang dimuat oleh Cekaja.com. Caranya sangat mudah kamu hanya perlu mengujungi dan membaca artikel di laman https://www.cekaja.com/info/kena-razia-begini-cara-cek-denda-dan-bayar-tilangnya/

Dan dapatkan juga informasi terlengkap mengenai kartu kredit Indonesia terbaik dengan mendapatkan artikel-artikel yang sangat membantu kamu di situs https://www.kartukreditindonesiaterbaik.com/