Apakah anda pengguna kartu kredit BRI? Lantas apa itu nomor CVC & CVV kartu kredit BRI? Saat melakukan transaksi online, biasanya diperlukan nomor ini untuk verifikasi akhir. Dengan menggunakan kartu kredit dalam pembayaran apapun pasti sangat mudah. Belum lagi terkadang kartu kredit menyediakan promo menarik dan discount-discount di berbagai pusat perbelanjaan. Dengan begitu pastinya sangat  hemat dan mudah bukan?

Dalam kartu kredit juga terdapat beberapa factor penting yaitu Nomor Cvc, Cvv dan lain-lain. Kedua hal tersebut sangatlah penting dalam kartu kredit. Namun apakah yang disebut dengan CVC dan CVV? Untuk mengetahui lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini:

(Baca juga: Keuntungan Dana Tunai Cepat Online yang Wajib Anda Ketahui)

Definisi dan Sejarah Nomor CVC dan CVV

Apakah CVC dan CVV berbeda? Jawabannya adalah sama. Hanya saja Card Verivication Code (CVC) digunakan pada kartu Mastercard. Sedangkan Card Verivication Value (CVV) digunakan pada kartu Visa. Keduanya adalah kode rahasia yang tertera di kartu kredit anda. Kode ini merupakan tiga digit angka terakhir. Sedangkan letaknya ada di sebelah belakang.

CVC & CVV ini adalah sebuah fitur keamanan untuk pembayaran elektronik maupun online. Terhitung sejak 1 Januari 1997, Mastercard mulai menggunakannya. Sedangkan VISA menggunakan CVV pada tahun 2001. Kemudian pada Oktober tahun 2003, CVC dan CVV ini disamakan, sehingga nasabah akan tetap aman saat melakukan transaksi online.

Kartu kredit BRI sendiri terdapat beberapa jenis. Antara lain adalah BRI Touch, Easy Card, Commercial Card, Premium Card, dan JCB Platinum. Jenis kartunya pun ada yang Visa atau Mastercard. Seperti BRI Touch merupakan Visa, sehingga kodenya disebut CVV. Sedangkan jenis seperti easy dan commercial card adalah Mastercard, sehingga kode disebut CVC.

Pentingnya CVC & CVV pada Kartu Kredit

Pastinya Anda sudah tahu arti apa itu nomor CVC & CVV kartu kredit BRI, namun apakah CVC dan CVV penting keberadaannya? Tentu sangatlah penting. Tanpa menggunakan kode ini anda tidak bisa melakukan transaksi online dengan kartu kredit. Karena fungsinya untuk mengonfirmasi suatu transaksi. Setelah memasukkan tiga digit tersebut, maka akan muncul pesan dari bank. Pesan tersebut berbentuk kode otoritas dari Bank BRI.

CVC dan CVV menjadikan nasabah aman dari penipuan. Tentu saja selama hanya anda yang mengetahuinya. Sehingga hindarilah berbagi kode ini dengan sembarang orang. Hal tersebut untuk menghindari transaksi online tanpa sepengatahuan pemilik kartu. Dihimbau pula untuk jangan mudah percaya apabila ada yang mengatasnamakan Bank untuk memberikan kode tersebut.

Cara Transaksi Online dengan Kartu Kredit

Kini anda sudah mengetahui apa itu CVV dan CVC. Lantas bagaimanakah cara transaksi online dengan kartu kredit? Tahapannya cukuplah mudah. Pengguna kartu hanya perlu mengisikan kolom card type, card number, dan card holder name. Selain itu juga perlu mengisikan expiration date dan CVV atau CVC.

Sebelumnya anda perlu mengetahui apa saja informasi yang tertera di kartu. Pada bagian depan, tertera kelas, logo bank, nomor kartu kredit, nama pemegang, serta jenisnya apakah Visa atau Mastercard. Sedangkan bagian belakang mencantumkan nomor kartu, tanda tangan, serta 3 angka khusus bank yang menerbitkan.

Pada card type, cantumkan jenis kartu kredit yang tertera di bagian depan. Apakah Visa atau Mastercard. Kemudian tuliskan nomor kartu kredit pada bagian card number. Selanjutkan tulis nama lengkap pemiliknya, nama terletak di bagian depan. Pada expiration date, masukkan tanggal habis masa berlaku yang ada di bagian depan. Terakhir sertakan CVV atau CVC anda.

Mengatasi Kartu Kredit yang Hilang

Kemungkinan terburuk adalah kartu kredit anda yang hilang. Bisa juga muncul transaksi mencurigakan, dimana meminta untuk konfirmasi CVV atau CVC. Apabila hal tersebut terjadi, langkah paling aman dan tepat adalah dengan memblokir kartu kredit. Caranya adalah dengan menghubungi call center BRI. Call Center akan tersedia selama 24 jam. Anda bisa menghubungi pada hari libur juga.

KARTU KREDIT INDONESIA TERBAIK

Apabila kartu hilang, langkah apa yang bisa dilakukan agar bisa menggunakan kembali? Caranya adalah dengan lapor ke polisi terlebih dahulu. Sehingga anda bisa membuat surat keterangan kehilangan. Kemudian datanglah ke Bank BRI dengan membawa surat keterangan hilang, untuk menutupnya. Terakhir, ajukanlah pembuatan kartu yang baru. Anda akan diminta melakukan verifikasi data pribadi selama prosesnya.

Setelah mengetahui CVV dan CVC, sudahkan anda memiliki kartu kredit BRI? Apabila belum kunjungilah https://www.cekaja.com/bri/kartu-kredit untuk informasi lengkapnya. Keterangan mengenai produk kartu kredit BRI hingga pengajuannya secara online bisa ditemukan disana. Demikian berbagai informasi mengenai apa itu nomor CVC & CVV kartu kredit BRI, sejarah, pentingnya, hingga cara bertransaksi online menggunakan kode tersebut, semoga bermanfaat.